Dalam kitab tafsir alqurtuby
dijelaskan bahwa ulama' ahli ta'wil qur'an berbeda pendapat mengenai
huruf-huruf yg berada di awal surat,menurut 'amir, as sya'bi, sufyan as tsauri
dan segolongan ulama' ahli hadis bahwa huruf-huruf tsb adalah rahasia Allah di
dalam alqur'an, dan dalam setiap kitab dari kitab-kitab-Nya Allah memiliki
rahasia di dalamnya, huruf-huruf tersebut termasuk al mutasyabih hanya Allah
sendiri yg mengetahuinya, kita tdk wajib membicarakannya tetapi kita mengimani
dan membacanya sebagaimana datangnya.pendapat ini juga datang dari abu bakar as
siddiq dan ali bin abu talib -semoga Allah meridhoi keduanya -
Abul laits as samarqondi menuturkan
dari umar, usman dan ibnu mas'ud bahwa mereka berkata," huruf-huruf
muqoto'ah termasuk rahasia yg tdk perlu ditafsirkan"abu hatim
berkata," kami tdk menemukan huruf muqoto'ah di dalam alqur'an kecuali
hanya di awal-awal surat, dan kami tdk mengetahui apa yg dikehendaki oleh Allah
dengannya."
Segolongan ulama' besar berkata :
" bahkan kita wajib membicarakannya dan mengambil faedah dan makna-makna
yang tersembunyi didalamnya ."segolongan ulama' ini juga berbeda pendapat,
diriwayatkan dari ibnu abbas dan ali -semoga Allah meridhoi keduanya- berkata
:" sesungguhnya huruf muqoto'ah dalam alquran adalah asma' Allah yg
agung,hanya saja kita tidak tahu susunanya darinya."qotrub, al farro' dan
selain keduanya berkata :" iyu adalah isyaroh thd huruf hija'iyah, Allah
memberitahukannya kepada orang arab ketika Allah menjelaskan kepada mereka
tentang alqur'an bahwa sesungguhnya Alqur'an tersusun dari huruf-huruf yg
menjadi dasar kalam mereka, tujuannya agar ketidak mampuan mereka darinya
menjadi lebih besar sebagai hujjah atas mereka, karena alqur'an tdk keluar dari
kalam mereka."
Segolongan ulama' yg lain
berpendapat bahwa huruf-huruf tersebut menunjukkan pada nama-nama, diambil
darinya dan dibuang sisanya,sebagaimana ucapan ibnu abbas dan juga selain
beliau :" alif dari nama Allah, lam dari nama jibril, dan mim dari nama
muhamamd shollallohu alaihi wasallam. "waqila : " alif adalah kunci
asma-Nya Allah, lam adalah kunci asma-Nya Latiif, dan mim adalah kunci nama-Nya
Majiid "
Abud dhuha meriwayatkan dari ibnu
abbas tentang firman Allah alif lam mim, ibnu abbas berkata :" alif lam
mim anallohu a'lam (aku Allah yang maha tahu), alif lam ro anallohu aro (aku
Allah yg maha melihat )alif lam mim shod anallohu afsholu ( aku Allah yang maha
memisah) jadi alif disitu menujukkan makna Ana /aku, lam menunjukan nama
Alllah, dan mim makna a'lam ."pendapat inilah yang dipilih oleh az zujaj.
- kitab tafsir al qurtuby
(1/151-152)
قوله تعالى : الم . ذلك الكتاب لا ريب فيه
هدى للمتقين اختلف أهل التأويل في الحروف التي في أوائل السورة ; فقال عامر الشعبي
وسفيان الثوري وجماعة من المحدثين : هي سر الله في القرآن ، ولله في كل كتاب من كتبه
سر . فهي من المتشابه الذي انفرد الله تعالى بعلمه ، ولا يجب أن يتكلم فيها ، ولكن
نؤمن بها ونقرأ كما جاءت . وروي هذا القول عن أبي بكر الصديق وعن علي بن أبي طالب رضي
الله عنهما . وذكر أبو الليث السمرقندي عن عمر وعثمان وابن مسعود أنهم قالوا : الحروف
المقطعة من المكتوم الذي لا يفسر . وقال أبو حاتم : لم نجد الحروف المقطعة في القرآن
إلا في أوائل السور ، ولا ندري ما أراد الله جل وعز بها .
وقال جمع من العلماء كبير : بل يجب أن نتكلم
فيها ، ونلتمس الفوائد التي تحتها ، والمعاني التي تتخرج عليها ; واختلفوا في ذلك على
أقوال عديدة ; فروي عن ابن عباس وعلي أيضا : أن الحروف المقطعة في القرآن اسم الله
الأعظم ، إلا أنا لا نعرف تأليفه منها . وقال قطرب والفراء وغيرهما : هي إشارة إلى
حروف الهجاء أعلم الله بها العرب حين تحداهم بالقرآن أنه مؤتلف من حروف هي التي منها
بناء كلامهم ; ليكون عجزهم عنه أبلغ في الحجة عليهم إذ لم يخرج عن كلامهم . قال قطرب
: كانوا ينفرون عند استماع القرآن ، فلما سمعوا : الم و المص استنكروا هذا اللفظ ،
فلما أنصتوا له صلى الله عليه وسلم أقبل عليهم بالقرآن المؤتلف ليثبته في أسماعهم وآذانهم
ويقيم الحجة عليهم . وقال قوم : روي أن المشركين لما أعرضوا عن سماع القرآن بمكة وقالوا
: لا تسمعوا لهذا القرآن والغوا فيه نزلت ليستغربوها فيفتحون لها أسماعهم فيسمعون القرآن
بعدها فتجب عليهم الحجة . وقال جماعة : هي حروف دالة على أسماء أخذت منها وحذفت بقيتها
; كقول ابن عباس وغيره : الألف من الله ، واللام من جبريل ، والميم من محمد صلى الله
عليه وسلم . وقيل : الألف مفتاح اسمه الله ، واللام مفتاح اسمه لطيف ، والميم مفتاح
اسمه مجيد . وروى أبو الضحى عن ابن عباس في قوله : ( الم ) قال : أنا الله أعلم ،
( الر ) أنا الله أرى ، المص أنا الله أفصل . فالألف تؤدي عن معنى أنا ، واللام تؤدي
عن اسم الله ، والميم تؤدي عن معنى أعلم . واختار هذا القول الزجاج وقال : أذهب إلى
أن كل حرف منها يؤدي عن معنى
Wallohu a'lam. (ALF)
Blogger Comment
Facebook Comment